Pengertian Istilah PHP, MySql, CSS, HTML dan XML

Selamat Siang Sahabat Blogger 
Sudah Lama Saya Tidak MenShare / Menulis Artikel Di Blog Ini.
Kali Ini Saya Akan Share Artikel Yang Cukup Bermanffat Buat Para WEB DESIGN. Walaupun Artikel Ini Hanya Copy Paste Dari Blog Tetangga...:D, Soalnya Lagi Cape Jadi Yah Terpaksa Deh Mau Ga Mau....
1.PHP MySql
Pengertian PHP PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis, walaupun tidak.
Pengertian di atas dengan jelas menggambarkan definisi dari PHP. Namun akan lebih mudah dipahami jika sebutakan beberapa kemampuan atau kelebihan yang dimiliki PHP. Berikut ini adalah beberapa kelebihan PHP yang diucapkan pengembang … Install juga server database MySQL. tentu saja anda tidak boleh lupa menginstall PHP dan library koneksi PHP – MySQL. Paket software yang murah di install adalah phpTriad, WAMP, XAMPP yang berisi software yang diperlukan mencakup Apache
MySql Adalah program data base yang dibutuhkan oleh PHP, dimana file web yang akan ditampilkan seperti data2 pengunjung dan data web anda akan disimpan pada database.
2.CSS (Cascading Style Sheet)
CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheets. aliran dari suatu kode ke kode lain yang saling berhubungan. kumpulan kode-kode yang berurutan dan saling berhubungan untuk mengatur format / tampilan suatu halaman HTML.
Jika anda memiliki beberapa halaman website dimana anda menggunakan font arial untuk tulisannya, lalu suatu hari anda bosan dengan arial dan ingin mengganti ke trebuchet, anda harus merubah satu per satu halaman website anda dan merubah tipe font dari arial menjadi trebuchet.
Singkatnya dengan CSS anda dapat merubah fon, Warna background serta besar kecilnya huruf atau fon dll dari halaman Web atau HTML.
3.HTML (Hyper Text MarkUp Language)
HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa dari World Wide Web yang dipergunakan untuk menyusun dan membentuk dokumen agar dapat ditampilkan pada program browser.
Tiap kali kita mengakses dokumen web, maka sesungguhnya kita mengakses dokumen seseorang yang ditulis dengan menggunakan format HTML. Beberapa orang merasa keberatan jika dikatakan HTML adalah sebuah bahasa pemrograman karena struktur yang dimilikinya dianggap terlalu sederhana, kode-kode dibaca oleh browser baris per baris, dari atas ke bawah. HTML juga tidak memiliki ‘looping’ seperti bahasa pemrograman lain.
Pada HTML dipergunakan hypertext link atau hubungan antara teks dan dokumen lain. Dengan demikian pembaca dokumen bisa melompat dari satu dokumen ke dokumen yang lain dengan mudah.
4.XML (eXtensible Markup Language)
XML kependekan dari eXtensible Markup Language, dikembangkan mulai tahun 1996 dan mendapatkan pengakuan dari W3C pada bulan Februari 1998. Teknologi yang digunakan pada XML sebenarnya bukan teknologi baru, tapi merupakan turunan dari SGML yang telah dikembangkan pada awal 80-an dan telah banyak digunakan pada dokumentasi teknis proyek-proyek berskala besar. Ketika HTML dikembangkan pada tahun 1990, para penggagas XML mengadopsi bagian paling penting pada SGML dan dengan berpedoman pada pengembangan HTML menghasilkan markup language yang tidak kalah hebatnya dengan SGML
Seperti halnya HTML, XML juga menggunakan elemen yang ditandai dengan tag pembuka (diawali dengan ‘<’ dan diakhiri dengan ‘>’), tag penutup(diawali dengan ‘</ ‘diakhiri ‘>’) dan atribut elemen(parameter yang dinyatakan dalam tag pembuka misal <form name=”isidata”>). Hanya bedanya, HTML medefinisikan dari awal tag dan atribut yang dipakai didalamnya, sedangkan pada XML kita bisa menggunakan tag dan atribut sesuai kehendak kita. Untuk lebih jelasnya lihat contah dibawah:
<pesan>
<dari>MIS Manager</dari>
<buat>HRD Manager</buat>
<buat>Bagian rekrut</buat>
<buat>Computer Suport team</buat>
<subyek>Permohonan Tenaga kerja baru</subyek>
<isi>Mohon diberikan tenaga kerja baru untuk mengisi lowongan di Departemen MIS</isi>
</pesan>
XML untuk saat ini bukan merupakan pengganti HTML. Masing-masing dikembangkan untuk tujuan yang berbeda. Kalau HTML digunakan untuk menampilkan informasi dan berfokus pada bagaimana informasi terlihat, XML mendeskripsikan susunan informasi dan berfokus pada informasi itu sendiri. XML terutama dibutuhkan untuk menyusun dan menyajikan informasi dengan format yang tidak mengandung format standard layaknya heading, paragraph, table dan lain sebagainya.
Sama dengan HTML, File XML berbentuk teks sehingga bila diperlukan kita bisa membacanya tanpa memerlukan bantuan software khusus. Hal ini memudahkan pengembang aplikasi yang menggunakan XML untuk mendebug programnya. XML lebih fleksible dibanding HTML dalam hal kemampuannya menyimpan informasi dan data. Pada XML kita bisa menyimpan data baik dalam atribut maupun sebagai isi elemen yang diletakkan diantara tag pembuka dan tag penutup.
Kelebihan lain yang dimiliki XML adalah bahwa informasi bisa di pertukarkan dari satu system ke system lain yang berbeda platform. Misalnya dari Windows ke Unix, atau dari PC ke Machintosh bahkan dari internet ke handphone dengan teknologi WAP.
Untuk Penjelasan yang lebih terperinci dan jelas klik Disini
Sumber : DunoVTeck

9 Responses to "Pengertian Istilah PHP, MySql, CSS, HTML dan XML"

  1. nice gan,, in baru pengertian yang lengkap!

    BalasHapus
  2. Kunjungan balik nih,,, artikel yang bermanfaat meskipun catatan ini adalah Copy-paste itu sudah sangat bermanfaat hitung-2 berbagi info yang mungkin blom sempat kebaca di blom empunya Sumber....

    Salam Blogger.. ditunggu kunjungan baliknya lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok bro :)
      backlink nya donk :)

      Hapus
    2. Yang bisa ngasi backlink bukan saya sob tapi Om Google yg baik hati suka bagi-bagi backlink,, hahayyy...

      Hapus
    3. gimana caranya bro ???
      kasih tau dnk :)
      hehehe

      Hapus
  3. OK ya
    terima kasih kunjungan nya :)

    BalasHapus
  4. sangat bermanfaat gan, thanks ya... :)

    BalasHapus
  5. sama2 gan
    terima kasih kunjungan nya :)

    BalasHapus