Cara installasi CMS Lokomedia 1.5.7 di Linux

Trik Hebat Website 

Cara installasi CMS Lokomedia 1.5.7 di Linux dengan Xampp/Lampp 

Sudah lama ga posting mengenai cms lokomedia, sebetulnya untuk cara installasi cms lokomedia di localhost sangat mudah, hanya melakukan extract saja maka sudah selesai, namun ada sedikit hal yang mungkin akan berbeda jika dilakukan di linux dan akan sedikit membingungkan penggunanya (termasuk untuk pemula seperti saya). Baiklah jika ternyata anda belum pernah menggunakan linux dan baru berpindah, tahap pertama yang harus dilakukan adalah installasi web server local (localhost) sama seperti di windows (misal dengan wampp, xampp atau appserv), di linux kita juga bisa menggunakan web server local xampp. namun karena berjalan di linux kebanyakan disebut Lampp.  jika anda sudah berhasil install xampp/lampp, maka tinggal install cms lokomedia ke localhost.
Langkah selanjutnya silahkan download dulu cms lokomedia terbaru di situsnya disini. cms lokomedia yang saya gunakan adalah cms lokomedia versi 1.5.7. setelah anda download kemudian extract cms lokomedia di folder htdocs. seperti gambar dibawah ini :
Installasi cms lokomedia di linux
letaknya biasanya di /opt/lampp/htdocs dan buat folder untuk cms lokomedia, misal cmslokomedia. dan letakkan home directory cms lokomedia di folder tersebut seperti gambar berikut :
 Installasi cms lokomedia di linux
dan jika anda telah selesai memindah file cms lokomedianya, sekarang lanjut ke tahap pembuatan databasenya, silahkan anda cari dulu file databasenya dalam folder hasil extract anda sebelumnya dan cari file dengan nama dblokomedia.sql (ini agar anda tidak membuat database dari awal, hanya tinggal import). jika sudah, kemudian buka phpmyadmin di firefox dengan mengetikkan http://localhost/phpmyadmin dan create database baru seperti gambar dibawah ini :
 Installasi cms lokomedia di linux
setelah itu tekan tombol create, untuk masalah nama databasenya silahkan anda sesuaikan dengan keinginan anda, namun nama diatas adalah nama default dari database cms lokomedia, jika anda ingin merubahnya anda harus mensetting kembali di bagian koneksi.php (silahkan dicoba ya, untuk yang ini mungkin ga akan dibahas secara detail). setelah anda buat databasenya kemudian klik tab "import" pada saat aktif di dblokomedia, seperti gambar dibawah ini :
 Installasi cms lokomedia di linux
dan pilih lokasi menyimpan file databasenya, kalau sudah kemudian klik tombol "GO" dan jika tidak ada kesalahan anda hanya tinggal mengetik link http://localhost/cmslokomedia.namun jika terjadi error seperti gambar dibawah ini :
 Installasi cms lokomedia di linux
maka anda perlu setting hak akses file cms lokomedia (dari error tersebut mengatakan permision denied), caranya anda harus merubah settingan permision di semua file cms lokomedianya, silahkan buka home directory cms lokomedia dan blok semua file, kemudian klik kanan dan pilih properties seperti gambar dibawah ini :
 installasi cms lokomedia di linux ubuntu
dan kemudian pilih tab permision dan rubah settingan file accessnya seperti gambar dibawah ini :
 installasi cms lokomedia di linux ubuntu
Contreng "Allow executing file as program" dan tekan tombol Apply Permission to Enclosed File(Untuk sub filenya), kemudian klik close, jika tidak ada yang salah lagi maka selesai sudah proses installasi cms lokomedianya. :) namun jika setelah ini error seperti gambar berikut :
 installasi cms lokomedia di linux ubuntu
Error tersebut adalah tidak ditemukkannya link http://localhost/cmslokomedia/home, kemungkinan terbesar adalah tidak adanya file .htaccess(Coba cek di direcroty home cms lokomedia, jika tidak ada mungkin tertinggal saat anda pindahkan ke directory home di htdocs), caranya buka kembali di mana anda extract file cms lokomedia, dan pilih show hidden file,atau tekan CTRL + H, maka seharusnya anda melihat file itu. dan jika menemukan pindahkan file tersebut ke folder cmslokomedia. Sekarang mungkin sudah selesai dan anda bisa melihat hasil seperti gambar dibawah ini jika tidak ada masalah lain :
 installasi cms lokomedia di linux ubuntu
Namun jika anda masih mengalami error lain, mungkin penyebabnya adalah hal - hal berikut :
- Module rewrete nya belum di aktifkan
- Settingan koneksi database belum benar (sesuaikan dengan user dan password phpmyadmin anda)
- Peletakkan file cms lokomedia bukan di htdocs
- Web server local anda belum diaktifkan/dijalankan
Jika error saat sudah online mungkin anda bisa menemukan error dengan penyebab hal - hal berikut :
- Settingan file permission (biasanya ter'ubah kembali)
- File htaccess tidak ter upload
- Settingan database salah di koneksi.php

Demikian artikel Tentang Cara installasi CMS Lokomedia 1.5.7 di Linux dengan Xampp/LamppSemoga Bermanfaat.

0 Response to "Cara installasi CMS Lokomedia 1.5.7 di Linux"

Posting Komentar